Road to 2023
Buku ke-2 : The Jongos Ways

Buku The Jongos Ways


Kawan-kawan semua,

Berikut adalah penampakan dari buku karya kedua saya. Buku ini berjudul “The Jongos Ways : Pekerja Tangguh yang Bahagia dan Penuh Manfaat itu Anda”. Buku “The Jongos Ways” -biasa disingkat TJW- menceritakan tentang beberapa pemikiran, pengalaman dan pemaknaan saya terhadap pekerjaan selama lebih kurang 5 (lima) tahun bekerja, eh…berkarya di perusahaan tercinta : Pertamina. Kenapa kata “Bekerja” barusan tadi saya coret? Sebab pemahaman kita perlu diselamatkan. Mindset antara “Bekerja” dan “Berkarya” punya andil yang sangat penting dalam memajukan diri pribadi kita. Seberapa pentingnya sih? silahkan baca di artikel saya sebelumnya : Jongoszers adalah “Karyawan”, bukan sekedar Pekerja.

Buku TJW barangkali bukan termasuk buku apik yang isinya mengilhami sampai-sampai Anda harus merekomendasikannya ke orang lain. Namun buku ini disusun berdasarkan pada beberapa kisah nyata yang menyampaikan pesan kuat untuk mendongkrak sikap kita terhadap kerja dan kehidupan. Apa yang membedakan buku ini dengan buku-buku manajemen lainnya? Sebenarnya bedanya banyak, diantaranya adalah penulis buku ini jauh lebih tampan dan lebih manis dibanding penulis buku lainnya. Hehe. Narsis ^_^. Sekarang serius, kalau di buku-buku manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) lain seringkali membahas tentang persoalan leadership (kepemimpinan) maka di buku ini Anda akan diberikan wawasan lain yang sama pentingnya dengan leadership namun jarang sekali diajarkan dan diwacanakan. Wawasan itu adalah Followership.

Kalau di buku lain di jaman sekarang ini lebih banyak mengupas dan “mendewa-dewakan” tentang entrepreneurship (kewirausahaan) maka di buku ini Anda akan dibawa berjalan-jalan menyusuri alam pikiran seorang karyawan dengan berbagai wacana dan contoh konkret yang disajikan berimbang. Hal ini tentunya sangat dibutuhkan oleh mereka-mereka yang berniat menjadi “Bos” atau memiliki banyak orang yang bekerja untuk membantu dirinya.

Saya teringat perkataan salah satu guru bangsa kita : Pak Dahlan Iskan. Beliau pernah mengungkapkan begini, “Anda tidak bisa menjadi pemimpin yang baik sebelum menjadi bawahan yang baik. Menjadi pemimpin itu dianggap enak. Menjadi pemimpin itu dianggap bisa berkuasa. Tetapi banyak yang tidak menyadari bahwa untuk bisa menjadi pemimpin yang baik sebenarnya harus pernah membuktikan dirinya pernah menjadi orang yang dipimpin.

Ketika menjadi orang yang dipimpin itu, dia juga bisa menjadi orang yang dipimpin dengan baik. Artinya untuk bisa menjadi pemimpin yang baik harus pernah menjadi anak buah yang baik.

Saya meragukan seseorang yang ketika menjadi anak buah tidak baik, dia bisa menjadi pemimpin yang baik. Menjadi anak buah yang baik itu adalah anak buah yang loyal tetapi juga kritis. Anak buah yang patuh tetapi juga bisa berpikir mana yang baik dan mana yang tidak baik. Anak buah yang selalu bisa memberikan jalan keluar kepada atasannya. Anak buah yang bisa memberikan pemecahan masalah bagi atasannya. Bukan anak buah yang selalu merepotkan atasannya, anak buah yang selalu membikin masalah pemimpinnya dan anak buah yang selalu memberikan persoalan bagi pemimpinnya.”

Nah, begitulah sedikit “bocoran” yang bisa saya sajikan mengenai buku TJW ini. Semoga berkenan. Oh iya, bagi Anda yang penasaran ingin membaca buku TJW, silahkan bisa Anda download gratis disini : TJW Muhsin Budiono for Blog. Sebenarnya beberapa isi dari buku TJW telah ada dalam beberapa artikel yang saya tulis dalam blog ini, namun lokasinya masih terpisah-pisah. Jadi ada baiknya Anda men-download ketimbang menjadi senewen dan penasaran (kayak arwah aja bisa penasaran) Hehe.

Saya berharap besar dan bermimpi kalau buku TJW akan di-launching pada tanggal 10 Desember 2013 di kantor pusat Pertamina dan oleh CEO Pertamina juga. Kenapa harus 10 desember? Sebab di tanggal tersebut Pertamina berulang tahun. Ingin sekali rasanya memberikan “hadiah spesial” bagi perusahaan sekaligus bagi rekan-rekan kerja saya semua di hari yang istimewa tersebut. Berkenaan dengan hal itu, dikesempatan yang baik ini saya ingin mengajak Anda semua agar turut mendoakan kelancaran peluncuran buku TJW. Tidak ada salahnya bermimpi, tidak ada salahnya memiliki harapan yang besar. Jangan takut bermimpi, sebab antara mimpi dan realitas hanya dipisahkan oleh waktu. Semoga terwujud.

Sementara saya cukupkan sampai disini, semoga yang sedikit ini bermanfaat dan semoga niat ini tetap ikhlas.

Tetap istiqomah,

muhsin-budiono

PS : Ingin mengetahui beberapa dokumentasi tentang TJW? Silahkan download disini : Foto Dokumentasi TJW

Cover TJW

the jongos ways_SC_alt

Cover the jongos ways_HC

Advertisements

About muhsin budiono, B.Ss., CFT

MUHSIN BUDIONO. Bukan Siapa-Siapa, Cuma Followership Trainer. Trainer dan Penulis Buku. Pakar Followership pertama di Indonesia. Member of ILA (International Leadership Association). Pemegang Rekor MURI (Museum Rekor Dunia-Indonesia) Sementara ini berkarya di sebuah Perusahaan Migas Nasional. Sedang mengumpulkan dan menyusun kerikil demi kerikil untuk dijadikan batu lompatan dalam meraih cita-cita sebagai Pembicara Internasional (International Islamic Followership Trainer) di tahun 2023 mendatang (insya Allah). Sedang menghimpun biaya untuk bisa kuliah lagi, menafkahi keluarga tercinta, bayar utang dan bersedekah.

Discussion

One thought on “Buku The Jongos Ways

  1. Setiap Manusia memiliki akal, menggunakannya..tapi seberapa maksimal?
    Manusia memiliki energi, menggunakannya..tapi seberapa tepat?
    Bagi saya, TJW mengajarkan saya bagaimana memahami akal dan energi manusia. Semoga kita dapat mengambil manfaat yang terbaik melalui Buku ini. Sukses TJW untuk inspirasi nya.
    -Dwi Novalia- (Fight for becoming a mother) – Housewife Inc. – Buduran(Sidoarjo)

    Like

    Posted by Dwi Novalia | 13 November 2013, 07:28

Your Comment Please . . .

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Road to International Islamic Followership Trainer

June 18th, 2023
5.7 years to go.

Buku Karya Pertama

JTIG : Jadi Trainer itu Gampang

Jadi Trainer Itu Gampang (JTIG) : Panduan Praktis untuk Memulai Menjadi Trainer dan Pemandu Pelatihan di Usia Muda. (Terbit : Januari 2013 - Jakarta)

Buku Karya Kedua

Buku The Jongos Ways (bisa dibawa pulang dari toko buku Gramedia terdekat di kota Anda)

The Jongos Ways (TJW) : Pekerja Tangguh yang Bahagia dan Penuh Manfaat itu Anda. (Terbit : Desember 2013 - Jakarta)

Buku Karya Ketiga

Buku Berani Berjuang karya Muhsin Budiono & Pengurus SPPSN

Follow me

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Follow me on Twitter

%d bloggers like this: