Road to 2023
Muhtivation, Nulis Lepas

Film Kisah Nyata Rahasia Pengusaha Sukses : Top Secret Taokaenoi


sukses usahaKawan-kawan semua,

Apakah kamu pingin jadi pengusaha? mau jadi entrepreneur muda? masih galau, bingung atau sudah merintis tapi kerasa berat ngejalaninnya? Saya tidak berniat memberikan modal pinjaman buat jadi pengusaha, karena saya sendiri juga butuh pinjaman modal. ^_^. Yaah, kecewa deh. Disini saya ingin berbagi info tentang film yang very-very recommended untuk ditonton sebab sangat memotivasi bagi para pengusaha maupun calon pengusaha.

Judul film ini “TOP SECRET: The Billionaire”. Kalau merujuk ke Mbah Wikipedia kita akan menemukan penjelasan seperti ini :

TOP Secret MovieThe Billionaire, also known as Top Secret: Wai Roon Pan Lan (Thai: วัยรุ่นพันล้าน, pronounced [wāj rûn pʰān láːn]), is a Thai biographical film released by GMM Tai Hub. It is directed by Songyos Sugmakanan and stars Pachara Chirathivat, Somboonsuk Niyomsiri (aka Piak Poster) and Walanlak Kumsuwan. The Billionaire tells the story of Itthipat Kulapongvanich and how he, at the age of nineteen, dropped out from university to launch a packaged fried seaweed business that is now Taokaenoi Food & Marketing and became one of Thailand‘s youngest (baht) billionaires. The film was released on 20 October 2011 in Thailand, where it grossed 38,796,264 baht.

What?. filmnya dirilis akhir 2011. Kenapa saya baru nge-lihatnya di tahun 2013 ini sih?. Yah, Begini ini nasib kalau sibuk ngurusi kerjaan kantor. Kurang informasi. He..he.

Lantas, film ini bercerita tentang apa?. Film yang memiliki alur mundur ini berkisah tentang seorang anak muda di Thailand yang bernama Itthipat Kulapongvanich (diperankan oleh Pachara Chirathivat). Itthipat memiliki nama panggilan “Top”, itulah mengapa judul film ini “Top Secret”. Mestinya ada tanda apostrophe dijudul tersebut.

Film Kisah Nyata Rahasia Pengusaha Sukses

Kisah dibuka saat TOP memasuki Bank di Thailand untuk meminjam dana yang cukup besar. Disitu ia sempat diremehkan. Namun dari sinilah skenario film bergulir. Pada awalnya TOP hanyalah seorang remaja lembek berkulit putih yang maniak games online. Saking demennya sama games online kamarnya dipenuhi beberapa PC yang senantiasa online untuk bermain games. Bahkan saat jam pelajaran komputer disekolah ketika sang guru serius mengajar ia malah asyik main games online.

TOP Secret The BillionaireTOP bukan sesorang pelajar yang pintar dan tidak pernah dapat skor yang tinggi disekolah. Perkenalan TOP dengan uang berawal ketika ia menyadari bahwa hobi games online bisa mendatangkan uang dengan cara menjual atribut maupun senjata perang yang dimainkan dalam games perang online. Barangkali semacam games counterstrike atau warcraft begitu. Dari game online ini TOP mendapat cukup banyak uang. Ia bahkan bisa membeli mobil sedan baru, kulakan puluhan VCD Player bajakan, mesin otomatis pemasak kacang, sewa stan jualan di Mall, dsb.

Keberhasilan TOP dalam mencari uang tidak membuat kedua orang tuanya bangga karena orang tuanya berfikir kalau dia hanya buang-buang duit dan waktu dari gamesnya. Kemarahan orang tuanya semakin meningkat ketika mengetahui bahwa TOP tidak lulus dalam ujian perguruan tinggi di universitas negeri yang terbilang lebih murah daripada universitas swasta. Dan dari sini konflik dimulai.

Kemalanganpun muncul ketika TOP mengetahui bahwa akun games war-nya telah dihapus sebab ia dianggap telah menyalahgunakan akun tersebut untuk kepentingan profit. Dari sini hasrat untuk menghasilkan uang sendiri tambah menjadi-jadi. TOP berusaha dengan keras untuk mencari uang. Apalagi ketika suatu hari TOP dihadapkan oleh kenyataan pahit akan kebangkrutan usaha sang Ayah hingga harus terlilit utang puluhan milyar dan “mengungsi” ke Cina.

Karena ingin membalas budi pada kedua orang tuanya, TOP ingin melunasi hutang sang Ayah dan membuat keduanya bangga memiliki anak tunggal macam TOP. Akhirnya TOP memutuskan menjadi entrepreneur membuka usaha sendiri dari mulai jualan kacang hingga keripik rumput laut yang akhirnya membawanya pada kesuksesan hingga sekarang. Perjuangannya menjual keripik rumput laut yang dinamakan TAE KAO NOI (artinya ‘Pengusaha Muda’) inilah yang menjadi bagian inti film ini. Sebuah kisah nyata. Disini TOP mati-matian berjuang untuk Taekaonoi bisa diterima di 7 Eleven a.k.a salah satu super market internasional yang tersebar diseluruh dunia

topsecret01Walhasil TOP harus mengenyam berbagai rasa pahit dalam hidup. Drop out kuliah, rumah yang disita, berpisah dengan kedua orangtua, ditinggal kekasih, dll. Untungnya masih ada sang Paman yang setia menemani perjuangan TOP.

Itulah sekelumit kisah TOP. Untuk cerita lebih lengkapnya sampai endingnya bagaimana silahkan lihat sendiri filmnya. Kalau kamu penasaran endingnya gimana maka itu bagus. Tapi kalau tidak, bukanlah hal yang terlalu penting. Sebab bagaimanapun ending film ini cuman satu kata : Tamat.

Kamu bisa lihat film itu di YouTube, atau download langsung dari internet (search Mbah Google saja). Sementara segini dulu. Semoga yang sedikit ini bermanfaat.

Tetap istiqomah,

muhsin budiono

Thanks to : http://yuthanichlany.blogspot.com/2013/01/top-secret-billionaire-thai-movie.html

the billionare

 

 

About muhsin budiono

Karyawan, Followership Practitioner dan Penulis Buku. Mengenyam pendidikan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember jurusan Marine Engineering (Lulus tahun 2006) dan Narotama University studi Management (Lulus tahun 2014). Followership Practitioner pertama di Indonesia [Certified by Ira Chaleff, Belgium-2017]. Anggota ILA (International Leadership Association). Pemegang Rekor MURI (Museum Rekor Dunia-Indonesia). Disaat banyak orang Indonesia memuji dan mendalami Leadership, muhsin memilih jatuh hati pada Followership sejak 2007 yang lalu. Di tahun 2013 muhsin menulis buku tentang belajar Followership ala Indonesia berjudul "The Jongos Ways" (TJW) yang fenomenal dan menggugah ribuan pekerja di Indonesia. Berbekal buku TJW muhsin semakin getol membumikan Followership ke seluruh penjuru nusantara secara cuma-cuma/tanpa memungut biaya melalui kegiatan-kegiatan seminar, bedah buku, pembuatan video animasi hingga konsultasi gratis. Hal itu dilakukan sebab menurutnya Indonesia sudah “terlambat” lebih dari 23 tahun dalam mengembangkan Followership. Atas upayanya tersebut pada akhir tahun 2014 muhsin mendapat undangan khusus dari International Leadership Association untuk menghadiri International Followership Symposium di Amerika sebagai satu-satunya wakil dari Indonesia. Disana ia intens berdiskusi dengan beberapa pakar followership dunia dan dinisbatkan sebagai pemerhati followership pertama dari Indonesia. Di tahun 2016 Muhsin juga mendapat kehormatan untuk berbicara tentang Followership dihadapan ratusan praktisi Human Resources di Indonesia dalam forum nasional the 8th Indonesia Human Resources Summit (IHRS). Sementara ini muhsin berkarya di Perusahaan Migas Nasional kebanggaan Indonesia: PT Pertamina (Persero) dan sedang mengumpulkan serta menyusun kerikil demi kerikil untuk dijadikan batu lompatan dalam meraih cita-cita sebagai International Islamic Followership Trainer di tahun 2023 mendatang. Muhsin juga memiliki keinginan kuat untuk resign bekerja agar bisa kuliah/belajar lagi di Saudi Arabia guna mendalami teori Islamic Followership yang sedang dikembangkannya.

Discussion

3 thoughts on “Film Kisah Nyata Rahasia Pengusaha Sukses : Top Secret Taokaenoi

  1. Assalamu’alaikum. Bung, aku jugaminta filmnya dong.. emailku ersuryaer@gmail.com (ada dropboxnya juga)

    Like

    Posted by Ridla Surya | 6 February 2018, 13:56
  2. Kirimin filmnya lewat email dong di 7yazid7@gmail.com

    Like

    Posted by Yazid Alif Hanan | 30 April 2014, 17:40

Your Comment Please . . .

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Road to International Islamic Followership Trainer

June 18th, 2023
4.5 years to go.

Buku Karya Pertama

JTIG : Jadi Trainer itu Gampang

Jadi Trainer Itu Gampang : Panduan Praktis untuk Memulai Menjadi Trainer dan Pemandu Pelatihan di Usia Muda. (LMT Trustco - Jakarta)

Buku Karya Kedua

The Jongos Ways : Pekerja Tangguh yang Bahagia dan Penuh Manfaat itu Anda (Penerbit : Elex Media Komputindo)

Buku Karya Ketiga

Berani Berjuang: Realita Cinta, Pertamina dan Bangsa Indonesia (A tribute to Mr. Ugan Gandar). Elex Media Komputindo

Buku Karya Keempat

Memorable Book Banjir Bandang Kota Bima - NTB tanggal 21 & 23 Desember 2016 (Elex Media Komputindo)

Follow me

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Follow me on Twitter

%d bloggers like this: