Road to 2023
Nulis Lepas

Tetikus dan Batang Gembira


Mouse tikus asliSebelum bepergian keluar negeri, biasanya saya selalu blog walking guna mencari informasi tentang apa dan bagaimana negara yang nantinya akan menjadi tujuan. Negeri jiran Malaysia, kebetulan itu salah satu destinasi traveling saya kemarin. Maka dimulailah pencarian terhadap hal-hal yang nyaman di kantong (baca : murah) untuk akomodasi disana. Dari tiket pesawat, penginapan, tempat nongkrong turis sampai tempat makan kaki lima saya browsing di internet.

Nah, pas lagi enak-enaknya bertamu ke blog orang-orang yang membahas tentang Malaysia entah kenapa saya nyasar ke blog yang mengupas tentang keunikan bahasa Malaysia yang berhubungan dengan istilah IT dan komputer. Entah benar atau tidak (sepertinya memang sekedar guyonan) apa yang tersaji di blog tersebut telah sukses membuat saya penasaran lantas senyum-senyum sendiri.

Orang sana kabarnya menyebut ‘mouse’ dengan ‘tetikus’, dan ‘joystick’ dengan ‘batang gembira’. Wow, keren juga istilah-istilahnya. Masalahnya saya mulai sumringah pas baca kelanjutannya :

Hardware  : Barangkeras
Software    : Baranglembut
Joystick     : Batang gembira
Plug and play : Colok dan main
Port            : Lubang
Server        : Pelayan
Client         : Pelanggan

Istilah-istilah diatas kalau coba diterjemahkan untuk kalimat berbahasa inggris semisal “The server provides a plug and play service for the clients using either hardware and software joystick. Just plug the joystick into the server port and enjoy it.”, maka jadinya bakal seperti ini : “Pelayan itu menyediakan layanan colok dan main untuk pelanggannya dengan menggunakan batang gembira jenis keras atau lembut. Cukup dengan mencolokkan batang gembira itu ke lubang pelayan dan nikmati.”. Weleh..weleh, jadi ngeri bacanya. ^_^

mouse HATIEh, kalau Anda kebetulan orang Malaysia saya harap jangan tersinggung, karena kita satu rumpun melayu. Masih saudara, Bro. Adapun untuk Anda yang merasa sia-sia sebab tidak menemukan manfaat yang berarti setelah membaca artikel ini maka tenang sajalah. Berikut saya sajikan sedikit tips tentang fungsi penting mouse, eh tetikus yang biasa kita pakai. Tipsnya mengenai tombol scroll yang posisinya ada di tengah-tengah itu. Tombol scroll ini biasanya kita gunakan cuma buat scrolling halaman, baik pada saat berinternet maupun pas ngerjakan sesuatu di komputer. Padahal sebenarnya ada beberapa fungsi penting dan tersembunyi dari tombol scroll mouse yang bisa anda manfaatkan. Berikut beberapa hal yang bisa kita gunakan dengan memanfaatkan tombol scroll mouse yang jarang diketahui orang :

1. Menutup tab browser dengan cepat
Saat berinternet dengan membuka tab-tab browser dan ingin menutupnya, biasanya hal yang kita lakukan adalah mengarahkan kursor mouse ke tanda X yang ada di kanan atas untuk menutup tab tersebut. Kita bisa lebih cepat menutup tab browser dengan menggunakan scroll mouse. Caranya begini : Tekan scroll mouse di tab browser di manapun lokasinya, maka browser akan tertutup dengan cepat kita tidak harus mengarahkan mouse dan klik di tanda “X”, cukup klik scroll mouse di bagian manapun tab browsernya. Menghemat waktu bukan?

2. Membuka tab baru
Saat kita asyik browsing dan ingin membuka link di tab baru, maka biasanya kita melakukannya dengan klik kanan link tersebut dan memilih menu “open in new tab”. Nah, kita bisa lebih cepat melakukannya (membuka link tersebut) menggunakan scroll mouse. Cukup tekan scroll mouse di link yang diinginkan, maka link tersebut akan otomatis terbuka di tab baru. Sangat praktis.

3. Membuka kumpulan link bookmark sekaligus
Jika kita memiliki situs–situs favorit yang sering dikunjungi atau ingin dikunjungi setiap hari, maka biasanya kita melakukan klik satu per satu di link situs tersebut yang ada pada bookmark. Namun ada cara yang lebih cepat yakni dengan melakukan klik di folder bookmark menggunakan scroll mouse. Secara otomatis semua link-link situs favorit di folder tersebut akan terbuka seluruhnya. Tidak perlu lagi membuka satu per satu. Sebab kalau jumlah link bookmark-nya banyak akan sangat memakan waktu. Scroll mouse mempercepat semuanya untuk kita.

4. Scroll otomatis dokumen atau halaman yang sedang dibuka
Jika agan membuka sebuah halaman situs atau sebuah dokumen yang panjang di program – program seperti Word, Excel, Adobe reader, firefox atau explorer, maka untuk melakukan scrolling, biasanya kita lakukan dengan cara memutar scroll mouse pakai jari telunjuk. Masalah muncul kalau halamannya panjang sekali. Bisa jadi capek jari ini. Untuk menghindari hal itu, cukup klik dan tahan sebentar tombol scroll mouse, maka kita akan masuk ke fitur autoscroll dimana kita bisa menggerakkan dan melakukan scrolling halaman yang sedang dibuka hanya dengan sedikit menggerakkan mouse tanpa harus memutar–mutar scroll.

Nah, sampai disini saya berharap Anda mendapat manfaat dari postingan sederhana ini. Jujur saya katakan, kalau untuk istilah ‘mouse’ dan ‘tetikus’ sebenarnya saya tidak begitu pusing memikirkannya. Saya baru pusing kalau ‘mouse’ di meja komputer saya raib tanpa jejak atau tiba-tiba berubah jadi tikus beneran.***

Advertisements

About muhsin budiono

Karyawan, Followership Practitioner dan Penulis Buku. Mengenyam pendidikan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember jurusan Marine Engineering (Lulus tahun 2006) dan Narotama University studi Management (Lulus tahun 2014). Followership Practitioner pertama di Indonesia [Certified by Ira Chaleff, Belgium-2017]. Anggota ILA (International Leadership Association). Pemegang Rekor MURI (Museum Rekor Dunia-Indonesia). Disaat banyak orang Indonesia memuji dan mendalami Leadership, muhsin memilih jatuh hati pada Followership sejak 2007 yang lalu. Di tahun 2013 muhsin menulis buku tentang belajar Followership ala Indonesia berjudul "The Jongos Ways" (TJW) yang fenomenal dan menggugah ribuan pekerja di Indonesia. Berbekal buku TJW muhsin semakin getol membumikan Followership ke seluruh penjuru nusantara secara cuma-cuma/tanpa memungut biaya melalui kegiatan-kegiatan seminar, bedah buku, pembuatan video animasi hingga konsultasi gratis. Hal itu dilakukan sebab menurutnya Indonesia sudah “terlambat” lebih dari 23 tahun dalam mengembangkan Followership. Atas upayanya tersebut pada akhir tahun 2014 muhsin mendapat undangan khusus dari International Leadership Association untuk menghadiri International Followership Symposium di Amerika sebagai satu-satunya wakil dari Indonesia. Disana ia intens berdiskusi dengan beberapa pakar followership dunia dan dinisbatkan sebagai pemerhati followership pertama dari Indonesia. Di tahun 2016 Muhsin juga mendapat kehormatan untuk berbicara tentang Followership dihadapan ratusan praktisi Human Resources di Indonesia dalam forum nasional the 8th Indonesia Human Resources Summit (IHRS). Sementara ini muhsin berkarya di Perusahaan Migas Nasional kebanggaan Indonesia: PT Pertamina (Persero) dan sedang mengumpulkan serta menyusun kerikil demi kerikil untuk dijadikan batu lompatan dalam meraih cita-cita sebagai International Islamic Followership Trainer di tahun 2023 mendatang. Muhsin juga memiliki keinginan kuat untuk resign bekerja agar bisa kuliah/belajar lagi di Saudi Arabia guna mendalami teori Islamic Followership yang sedang dikembangkannya.

Discussion

No comments yet.

Your Comment Please . . .

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Road to International Islamic Followership Trainer

June 18th, 2023
5.3 years to go.

Buku Karya Pertama

JTIG : Jadi Trainer itu Gampang

Jadi Trainer Itu Gampang : Panduan Praktis untuk Memulai Menjadi Trainer dan Pemandu Pelatihan di Usia Muda. (LMT Trustco - Jakarta)

Buku Karya Kedua

The Jongos Ways : Pekerja Tangguh yang Bahagia dan Penuh Manfaat itu Anda (Penerbit : Elex Media Komputindo)

Buku Karya Ketiga

Berani Berjuang: Realita Cinta, Pertamina dan Bangsa Indonesia (A tribute to Mr. Ugan Gandar). Elex Media Komputindo

Buku Karya Keempat

Memorable Book Banjir Bandang Kota Bima - NTB tanggal 21 & 23 Desember 2016 (Elex Media Komputindo)

Follow me

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Follow me on Twitter

Advertisements
%d bloggers like this: