Road to 2023
Nulis Lepas

Soal dan Jawaban UAS Pengantar Bisnis


ice creamBen & Jerry’s Ice Cream dimulai sebagai bisnis kecil dan telah tumbuh menjadi perusahaan
internasional. Pernyataan misinya mencakup provisi mengenai (1) menghasilkan produk yang
baik bagi pelanggannya, (2) menyediakan laba untuk para pemegang saham, dan (3) memenuhi
tanggung jawab sosialnya. Ketiga tujuan ini tidak memiliki urutan tertentu. Ben & Jerry’s yakin
bahwa perusahaan sebaiknya tidak hanya focus pada salah satu tujuan saja tetapi sebaiknya
mencapai ketiga tujuan tersebut sekaligus.
Ben & Jerry’s menyumbangkan 7,5% dari laba sebelum pajaknya ke yayasan, yang memberikan
donasi dalam bentuk uang ke organisasi amal tertentu. Dalam usaha yang lain untuk memenuhi
tanggung jawab sosialnya Ben & Jerry’s bekerjasama dengan bisnis bisnis kecil, karena para
pemiliknya masih mengingat bahwa perusahaan dulu juga dimulai dari bisnis kecil. Perusahaan
mengandalkan bisnis bisnis kecil untuk beberapa bahan baku yang digunakan dalam proses
produksinya.
Ben & Jerry’s telah membuktikan bahwa perusahaan dapat mencapai misi ekonominya
sementara misi sosialnya. Komitmen social perusahaan telah meningkatkan reputasi Ben &
Jerry’s, meningkatkan pengakuan atas nama perusahaan, dan mendorong permintaan akan es
krim yang dihasilkan oleh perusahaan. Dengan demikian misi social perusahaan telah
meningkatkan laba perusahaan dan oleh karena itu selaras dengan misi ekonominya.

Dosen : Hj. I.G.A. Aju Nitya Dharmani, SST, SE, MM

Pertanyaan :
1. Mengapa anda mengira bahwa Ben & Jerry’s memiliki misi sosial ?
2. Apakah misi sosial perusahaan bertentangan dengan misi perusahaan ?
3. Menurut anda apakah para pemegang saham tidak menyetujui misi sosial Ben & Jerry’s?

Jawaban UAS PENGANTAR BISNIS :

1. Karena pernyataan misi Ben & Jerry’s Ice Cream  mencakup provisi mengenai (1) menghasilkan produk yang baik bagi pelanggannya, (2) menyediakan laba untuk para pemegang saham, dan (3) memenuhi tanggung jawab sosialnya.

Ben & Jerry’s percaya bahwa pertumbuhan bisnis punya hubungan erat dengan CSR. Hal itu mereka wujudkan melalui berbagai program sosial dan lingkungan.Perusahaan ini termasuk unggul dalam program CSR yang tersusun rapi dalam struktur perusahaan dengan didukung penuh oleh manajemen, konsumen, dan juga pegawai.

Misi sosial atau dalam istilah asing dikenal dengan CSR (Corporate sosial responsibility) memiliki beberapa pengertian salah satunya menurut Kotler dan Nancy (2005) Corporate Social Responsibility (CSR) didefinisikan sebagai komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas melalui praktik bisnis yang baik dan mengkontribusikan sebagian sumber daya perusahaan. Menurut CSR Forum (Wibisono, 2007) Corporate Social Responsibility (CSR) didefinisikan sebagai bisnis yang dilakukan secara transparan dan terbuka serta berdasarkan pada nilai nilai moral dan menjunjung tinggi rasa hormat kepada karyawan, komunitas dan lingkungan. Corporate Social Responsibilit (CSR) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada.

Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan saat ini telah menjadi konsep yang kerap kita dengar, walau definisinya sendiri masih menjadi perdebatan di antara para praktisi maupun akademisi. Sebagai sebuah konsep yang berasal dari luar, tantangan utamanya memang adalah memberikan pemaknaan yang sesuai dengan konteks Indonesia.

Tanggung jawab sosial perusahaan adalah sebuah konsep dengan mana perusahaan memutuskan untuk berkontribusi kepada masyarakat agar kehidupannya lebih baik, dan kondisi lingkungan tetap terjaga serta tidak dirusak fungsinya atau suatu konsep bahwa organisasi, khususnya perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan, CSR berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan“, di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.

Hal ini yang menjadi perhatian terbesar dari peran perusahaan dalam masyarakat telah ditingkatkan yaitu dengan peningkatan kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan dan masalah etika. Masalah seperti perusakan lingkungan, perlakuan tidak layak terhadap karyawan, dan cacat produksi yang mengakibatkan ketidak nyamanan ataupun bahaya bagi konsumen adalah menjadi berita utama di dalam internal perusahaan.

Dari uraian di atas saya menyimpulan bahwa Ben & Jerry memiliki misi sosial terbukti dengan ben & jerry menyumbang 7,5% dari laba sebelum pajaknya keyayasan yang memberikan donasi, dalam bentuk uang ke organisasi amal tertentu, dan juga ben & jerry telah memberdayakan pengusaha – pengusaha kecil dengan cara membeli bahan baku pembuatan ice cream dari pengusaha – pengusaha kecil.

2. Pengertian dari misi perusahaan menurut drucker (2000:87), “pada dasarnya misi merupakan alasan mendasar eksitensi suatu organisasi” : pernyataan misi organisasi terutama ditingkatkan unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas memenuhi kebutuhan keinginan dan harapan pelanggannya ( prasetyo dan barudicta 20004:8).

Perusahaan dapat dikelompokkan menjadi pemangku kepentingan pihak dalam dan pihak luar. Pihak dalam adalah individu atau kelompok pemegang saham atau karyawan perusahaan. Pihak luar merupakan individu atau kelompok lain yang dipengaruhi oleh tindakan perusahaan. Pihak luar yang jumlahnya sangat banyak ini membuat klaim umum bahwa perusahaan harus bertanggung jawab secara sosial.

Gambar dibawah ini menjelaskaan tentang apa saja yang bisa mempengaruhi pengembangan misi Perusahaan.

Misi PerusahaanDengan mengkombinasi pengertian misi sosial pada no.1 dan misi perusahaan pada no.2, maka saya menyimpulkan bahwa Misi Sosial Ben & Jerry’s Ice Cream tidak bertentangan karena salah satu misi dari perusahaan adalah memenuhi tanggung jawab sosialnya. Dengan adanya misi sosial tersebut, maka perusahaan Ben&Jenn’s Ice cream dapat berkembang yang menyebabkan semakin bertambahnya laba perusahaan karena pemasaran dan penjualan produk semakin meningkat.

3. Pemegang saham sangat menyetujui misi sosial dari Ben & Jerry’s Ice Cream  karena dengan adanya misi sosial maka misi ekonomi yaitu untuk mendapatkan laba dengan menjual dan memproduksi barang dengan baik dapat tercapai.

Misi ekonomi Ben & Jerry’s Ice Cream menyatakan bahwa bagian dari misi mereka adalah untuk memperluas kesempatan untuk pembangunan dan pertumbuhan bagi karyawan mereka. Ben & Jerry’s mengomunikasikan kepada setiap karyawan bahwa tugas mereka adalah untuk membantu memperluas bisnis dengan cara  menciptakan lebih banyak kesempatan berkarir dan berkembang bagi karyawan saat ini dan masa depan. Termasuk peningkatan pendapatan bagi investor juga menjadi perhatian perusahaan.

Philip Kotler dan Nancy Lee menyebutkan beberapa keuntungan yang bisa diperoleh ketika sebuah perusahaan mengintegrasikan CSR dalam operasi bisnis dan strategi mereka (Philip Kotler and Nancy Lee, Op. Cit, hal : 10) :

  1. Increase sales and market share (meningkatkan penjualan dan harga saham)
  2. Strengthened brand positioning (memperkuat kedudukan merek)
  3. Enhanced corporate image and clout (meningkatkan pengaruh dan reputasi perusahaan)
  4. Increased ability to attract, motivate, and retain employees (meningkatkan kemampuan untuk menarik, memotivasi, dan memelihara karyawan)
  5. Increased Appeal to investors and financials analysts (meningkatkan daya tarik kepada investor dan analis keuangan)

Dengan adanya Komitmen sosial perusahaan telah meningkatkan reputasi Ben & Jerry’s, meningkatkan pengakuan atas nama perusahaan, dan mendorong permintaan akan es krim yang dihasilkan oleh perusahaan. Dengan demikian misi social perusahaan telah meningkatkan laba perusahaan dan oleh karena itu selaras dengan misi ekonominya. Dengan meningkatnya laba perusahaan maka dapat memberikan kontribusi deviden kepada para pemegang saham. Semakin tinggi laba perusahaan maka semakin tinggi pula deviden yang akan diterima oleh pemegang saham.

Advertisements

About muhsin budiono, B.Ss., CFT

MUHSIN BUDIONO. Bukan Siapa-Siapa, Cuma Followership Trainer. Trainer dan Penulis Buku. Pakar Followership pertama di Indonesia. Member of ILA (International Leadership Association). Pemegang Rekor MURI (Museum Rekor Dunia-Indonesia) Sementara ini berkarya di sebuah Perusahaan Migas Nasional. Sedang mengumpulkan dan menyusun kerikil demi kerikil untuk dijadikan batu lompatan dalam meraih cita-cita sebagai Pembicara Internasional (International Islamic Followership Trainer) di tahun 2023 mendatang (insya Allah). Sedang menghimpun biaya untuk bisa kuliah lagi, menafkahi keluarga tercinta, bayar utang dan bersedekah.

Discussion

No comments yet.

Your Comment Please . . .

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Road to International Islamic Followership Trainer

June 18th, 2023
5.6 years to go.

Buku Karya Pertama

JTIG : Jadi Trainer itu Gampang

Jadi Trainer Itu Gampang (JTIG) : Panduan Praktis untuk Memulai Menjadi Trainer dan Pemandu Pelatihan di Usia Muda. (Terbit : Januari 2013 - Jakarta)

Buku Karya Kedua

Buku The Jongos Ways (bisa dibawa pulang dari toko buku Gramedia terdekat di kota Anda)

The Jongos Ways (TJW) : Pekerja Tangguh yang Bahagia dan Penuh Manfaat itu Anda. (Terbit : Desember 2013 - Jakarta)

Buku Karya Ketiga

Buku Berani Berjuang karya Muhsin Budiono & Pengurus SPPSN

Follow me

Error: Please make sure the Twitter account is public.

Follow me on Twitter

%d bloggers like this: