Road to 2023
Nulis Lepas

Sifat #1 Jongoszers. Jongoszers adalah “Karyawan”, bukan sekedar Pekerja


muhsinbudionoSeringkali seseorang yang bekerja sebagai Jongos memiliki paradigma yang kurang benar (baca: keliru) terhadap terminologi ‘Karyawan’. Karyawan biasanya diartikan sederhana sebagai orang gajian belaka, yaitu orang yang menerima gaji/upah sebagai imbalan karena ia telah memberikan tenaga, pikiran ataupun keterampilan yang dimilikinya.
Anda tahu, paradigma (mindset) adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi kehidupan. Stephen Covey pernah berseloroh : “Jika engkau hanya menginginkan perubahan kecil dalam hidupmu, ubahlah perilakumu. Jika engkau menginginkan perubahan dahsyat dalam hidupmu, ubahlah paradigmamu”. Sejatinya ia benar. Karyawan yang hanya menganggap dirinya sebagai orang gajian maka akan sulit mengaktualisasikan diri meskipun telah dibekali banyak pengetahuan dan keterampilan. Sambil koreksi diri, dulu saya sering mengatakan, “Kalau mau kaya ya harus jadi pengusaha”, nah ternyata ini juga termasuk kalimat yang kurang benar. Sebab biarpun jadi pengusaha dan jungkir-balik siang malam tapi mindset yang dimiliki masih ‘mindset non pengusaha’ maka hasilnya akan jalan ditempat atau sulit berkembang.

Positive mindsetSebuah mindset pada kenyataannya mengandung beberapa elemen yang pada akhirnya membentuk karakter serta kepribadian manusia. Sederhananya, kalau ingin mengubah atau mengelola mindset kita maka elemen itulah yang lebih dahulu harus dikelola/diubah. Elemen yang dimaksud adalah kumpulan dari suatu keyakinan yang dimiliki seseorang. Nah, celakanya keyakinan-keyakinan yang bercokol didalam diri kita ini tidak seluruhnya bersifat positif, sebagian besar justru negatif/beracun. Lebih celaka lagi terkadang kita sering membantah dan tidak sadar bahwa ada keyakinan negatif di alam pikiran kita. Sebagai contohnya ya itu tadi : keyakinan yang memaknai karyawan hanya sebagai ‘orang gajian’.
Paradigma karyawan sebagai orang gajian telah membuat jutaan orang diluar sana tetap menjadi ‘karyawan biasa-biasa’ saja nyaris seumur hidup mereka. Hidup habis hanya untuk bekerja, belanja kebutuhan hidup, bergumul dengan keluarga dan bersenang-senang. Siklus yang biasa-biasa saja. Hidup membosankan yang datar, apa adanya dan serupa dengan ribuan juta orang dimuka bumi ini. Gambaran ini mirip nasihat orang bijak yang mengatakan bahwa : Kebanyakan orang adalah orang kebanyakan.
Asal tahu saja, KARYAWAN pada hakikatnya adalah orang yang melahirkan sebuah “KARYA”. Dalam hal ini “karya”- apapun bentuknya itu- mengandung suatu proses pergerakan, proses penciptaan dan  proses kreatif. Keyakinan karyawan sebagai “Individu aktif yang melahirkan Karya” ini sejatinya terpatri dalam hati setiap karyawan di perusahaan manapun dan di tataran level jabatan apapun (bahkan seorang pengusaha tidak luput dari pemaknaan ini). Sebab melalui keyakinan “Karyawan” inilah setiap orang akan memandang lebih baik keberadaan dirinya, akan lebih menghargai, menghormati status dan profesinya sebagai orang yang bekerja.

Bila seseorang telah ‘sadar’ akan status dan profesinya yang istimewa sebagaimana penjabaran diatas maka akan mudah baginya melahirkan berbagai kemudahan dan ‘keajaiban’ dalam bekerja. Perilaku kerja dan kinerjanya akan terlihat berbeda dibanding mereka yang memiliki keyakinan negatif bahwa karyawan hanyalah sekedar orang gajian.
Caramu memandang dan menilai dirimu pada saat ini akan mempengaruhi nasib & prestasi hidupmu dimasa mendatang.

Tetap istiqomah,

muhsin-budiono

About muhsin budiono

Karyawan, Followership Practitioner dan Penulis Buku. Mengenyam pendidikan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember jurusan Marine Engineering (Lulus tahun 2006) dan Narotama University studi Management (Lulus tahun 2014). Followership Practitioner pertama di Indonesia [Certified by Ira Chaleff, Belgium-2017]. Anggota ILA (International Leadership Association). Pemegang Rekor MURI (Museum Rekor Dunia-Indonesia). Disaat banyak orang Indonesia memuji dan mendalami Leadership, muhsin memilih jatuh hati pada Followership sejak 2007 yang lalu. Di tahun 2013 muhsin menulis buku tentang belajar Followership ala Indonesia berjudul "The Jongos Ways" (TJW) yang fenomenal dan menggugah ribuan pekerja di Indonesia. Berbekal buku TJW muhsin semakin getol membumikan Followership ke seluruh penjuru nusantara secara cuma-cuma/tanpa memungut biaya melalui kegiatan-kegiatan seminar, bedah buku, pembuatan video animasi hingga konsultasi gratis. Hal itu dilakukan sebab menurutnya Indonesia sudah “terlambat” lebih dari 23 tahun dalam mengembangkan Followership. Atas upayanya tersebut pada akhir tahun 2014 muhsin mendapat undangan dari International Leadership Association untuk menghadiri International Followership Symposium di Amerika sebagai satu-satunya wakil dari Indonesia. Disana ia intens berdiskusi dengan beberapa pakar followership dunia dan dinisbatkan sebagai pemerhati followership pertama dari Indonesia. Di tahun 2016 Muhsin juga mendapat kehormatan untuk berbicara tentang Followership dihadapan ratusan praktisi Human Resources di Indonesia dalam forum nasional the 8th Indonesia Human Resources Summit (IHRS). Sementara ini muhsin berkarya di Perusahaan Migas Nasional kebanggaan Indonesia: PT Pertamina (Persero) dan sedang mengumpulkan serta menyusun kerikil demi kerikil untuk dijadikan batu lompatan dalam meraih cita-cita sebagai International Islamic Followership Trainer di tahun 2023 mendatang. Muhsin juga memiliki keinginan kuat untuk resign bekerja agar bisa kuliah/belajar lagi di Saudi Arabia guna mendalami teori Islamic Followership yang sedang dikembangkannya.

Discussion

No comments yet.

Your Comment Please . . .

Road to International Islamic Followership Trainer

18 June 2023
Seorang muslim terlalu besar untuk memiliki cita-cita yang kecil. Jangan menyerah. Tetap istiqomah. Where there is a will there is a way.

Buku Karya Pertama

JTIG : Jadi Trainer itu Gampang

Jadi Trainer Itu Gampang : Panduan Praktis untuk Memulai Menjadi Trainer dan Pemandu Pelatihan di Usia Muda. (LMT Trustco - Jakarta)

Buku Karya Kedua

The Jongos Ways : Pekerja Tangguh yang Bahagia dan Penuh Manfaat itu Anda (Penerbit : Elex Media Komputindo)

Buku Karya Ketiga

Berani Berjuang: Realita Cinta, Pertamina dan Bangsa Indonesia (A tribute to Mr. Ugan Gandar). Elex Media Komputindo

Buku Karya Keempat

Memorable Book Banjir Bandang Kota Bima - NTB tanggal 21 & 23 Desember 2016 (Elex Media Komputindo)

Follow me on Twitter